Managemen Operasional
“ PUDING”
Disusun oleh : Rizky Ayu Tassrifah
NPM :
14132133
Fak / Kelas : Ekonomi
Managemen / D
Universitas
Wijaya Putra
2014
Produk Puding
1.
Managemen
Mutu
Kemampuan mewujudkan puding yang memiliki sifat aman (tidak membahayakan), sehat
dan bermanfaat bagi konsumen.
Keamanan pembuatan puding, masalah dan dampak penyimpangan mutu, serta kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pengembangan sistem mutu industri pangan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, industri dan konsumen, yang saat ini sudah harus memulai mengantisipasinya dengan implementasi sistem mutu pada pembuatan puding. Salah satu sasaran pengembangan di bidang pembuatan puding adalah terjaminnya puding yang dicirikan oleh terbebasnya masyarakat dari jenis puding yang berbahaya bagi kesehatan.
Oleh karena itu harus bisa Mencari supplier bahan baku kue yang menawarkan produk-produk berkualitas dengan harga terjangkau. Selain menjaga kualitas rasa puding yang ditawarkan juga harus memperbanyak kamus resep puding yang dikuasai. Semakin banyak variasi puding yang ditawarkan, maka semakin besar pula peluang pasar yang ciptakan.
Prospek usaha puding kedepannya sangat menjanjikan karena pudding dapat digunakan sebagai alternative makanan pengganti dan sangat dianjurkan oleh pakar kesehatan sebagai salah satu alternative dan solusi bagi masalah kegemukan. Dimana diet merupakan trand pola hidup masyarakat saat ini dan mendatang. saya akan membangun kekuatan merek untuk bersaing dengan pesaing, yang ditunjang dengan promosi yang kontinuitas, ekspansi pasar, dan inovasi produk yang terukur dengan cara Pengembangan produk baru yang sejenis, agar tidak jenuh, saya akan terus mengembangkan produk-produk lainnya. Ada hubungan yang erat antara mutu produk (barang dan jasa), kepuasan pelanggan dan laba perusahaan. Semakin tinggi mutu, semakin tinggi kepuasan pelanggan dan pada waktu yang bersamaan mendukung harga tinggi dan seringkali biaya yang rendah. Oleh karena itu program perbaikan mutu umumnya meningkatkan laba. kinerja mutu dapat didefinisikan sebagai prestasi dari mutu atau kualitas produk dan manajemen yang dapat dicapai oleh suatu perusahaan selama suatu jangka waktu tertentu. Prestasi yang dimaksud adalah efektivitas dan effisiensi operasional perusahaan yang dilihat dari segi ekonomi (laporan keuangan), manajemen dan tingkat kepuasan konsumen. Tujuan dari pengukuran kinerja mutu adalah untuk menentukan beban kerja dalam operasi dan jumlah pekerja yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan secara efisien.
Memahami kebutuhan dan keinginan konsumen dalam hal ini cita rasa adalah hal penting yang mempengaruhi kepuasan konsumen. konsumen yang puas merupakan aset yang sangat berharga karena apabila konsumen puas mereka akan terus melakukan pembelian terhadap produk saya, tetapi jika konsumen merasa tidak puas mereka akan memberitahukan dua kali lebih hebat kepada orang lain tentang pengalaman buruknya. Untuk menciptakan kepuasan konsumen suatu perusahaan harus menciptakan dan mengelola suatu system untuk memperoleh konsumen yang lebih banyak dan kemampuan untuk mempertahankan konsumennya. Jika layanan yang diberikan pada konsumen kurang atau tidak sesuai dengan kebutuhan atau harapan konsumen maka konsumen menjadi tidak puas. Kepuasan konsumen merupakan perbandingan antara harapan yang dimiliki oleh konsumen pada saat mengkonsumsi produk puding saya. Tampaknya bahwa kualitas selalu berfokus pada pelanggan. Dengan demikian produk didesign, diproduksi serta pelayanan diberikan untuk memenuhi keinginan pelanggan. Karena kualitas mengacu kepada segala sesuatu yang menentukan kepuasan pelanggan , suatu produk yang dihasilkan baru dapat dikatakan berkualitas apabila sesuai dengan keinginan pelanggan, dapat dimanfaatkan dengan baik, serta diproduksi (dihasilkan) dengan cara yang baik dan benar.
Konsumen akan merasa puas bila hasil evaluasi mereka menunjukkan bahwa produk puding yang dibuat berkualitas. Persepsi konsumen terhadap kualitas poduk puding dipengaruhi oleh dua hal yaitu kenyataan kualitas poduk yang sesungguhnya dan komunikasi. Memberikan pelayanan juga dapat memuaskan setiap pembelian puding yang sesuai dengan tingkat kepuasaan rata-rata serata dengan bahan yang sesuai dengan standart serta Memenuhi dan melebihi kebutuhan, harapan pelanggan melalui peningkatan yang berkelanjutan atas seluruh proses.
Keamanan pangan, masalah dan dampak penyimpangan mutu, serta kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pengembangan sistem mutu industri puding dan konsumen, yang saat ini sudah harus memulai mengantisipasinya dengan implementasi sistem mutu pangan. Karena di era pasar bebas ini industri puding Indonesia mau tidak mau sudah harus mampu bersaing dengan derasnya arus masuk produk industri puding yang telah mapan dalam sistem mutunya. Salah satu sasaran pengembangan di bidang puding adalah terjaminnya pangan yang dicirikan oleh terbebasnya masyarakat dari jenis pangan yang berbahaya bagi kesehatan.
Keamanan pembuatan puding, masalah dan dampak penyimpangan mutu, serta kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pengembangan sistem mutu industri pangan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, industri dan konsumen, yang saat ini sudah harus memulai mengantisipasinya dengan implementasi sistem mutu pada pembuatan puding. Salah satu sasaran pengembangan di bidang pembuatan puding adalah terjaminnya puding yang dicirikan oleh terbebasnya masyarakat dari jenis puding yang berbahaya bagi kesehatan.
Oleh karena itu harus bisa Mencari supplier bahan baku kue yang menawarkan produk-produk berkualitas dengan harga terjangkau. Selain menjaga kualitas rasa puding yang ditawarkan juga harus memperbanyak kamus resep puding yang dikuasai. Semakin banyak variasi puding yang ditawarkan, maka semakin besar pula peluang pasar yang ciptakan.
Prospek usaha puding kedepannya sangat menjanjikan karena pudding dapat digunakan sebagai alternative makanan pengganti dan sangat dianjurkan oleh pakar kesehatan sebagai salah satu alternative dan solusi bagi masalah kegemukan. Dimana diet merupakan trand pola hidup masyarakat saat ini dan mendatang. saya akan membangun kekuatan merek untuk bersaing dengan pesaing, yang ditunjang dengan promosi yang kontinuitas, ekspansi pasar, dan inovasi produk yang terukur dengan cara Pengembangan produk baru yang sejenis, agar tidak jenuh, saya akan terus mengembangkan produk-produk lainnya. Ada hubungan yang erat antara mutu produk (barang dan jasa), kepuasan pelanggan dan laba perusahaan. Semakin tinggi mutu, semakin tinggi kepuasan pelanggan dan pada waktu yang bersamaan mendukung harga tinggi dan seringkali biaya yang rendah. Oleh karena itu program perbaikan mutu umumnya meningkatkan laba. kinerja mutu dapat didefinisikan sebagai prestasi dari mutu atau kualitas produk dan manajemen yang dapat dicapai oleh suatu perusahaan selama suatu jangka waktu tertentu. Prestasi yang dimaksud adalah efektivitas dan effisiensi operasional perusahaan yang dilihat dari segi ekonomi (laporan keuangan), manajemen dan tingkat kepuasan konsumen. Tujuan dari pengukuran kinerja mutu adalah untuk menentukan beban kerja dalam operasi dan jumlah pekerja yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan secara efisien.
Memahami kebutuhan dan keinginan konsumen dalam hal ini cita rasa adalah hal penting yang mempengaruhi kepuasan konsumen. konsumen yang puas merupakan aset yang sangat berharga karena apabila konsumen puas mereka akan terus melakukan pembelian terhadap produk saya, tetapi jika konsumen merasa tidak puas mereka akan memberitahukan dua kali lebih hebat kepada orang lain tentang pengalaman buruknya. Untuk menciptakan kepuasan konsumen suatu perusahaan harus menciptakan dan mengelola suatu system untuk memperoleh konsumen yang lebih banyak dan kemampuan untuk mempertahankan konsumennya. Jika layanan yang diberikan pada konsumen kurang atau tidak sesuai dengan kebutuhan atau harapan konsumen maka konsumen menjadi tidak puas. Kepuasan konsumen merupakan perbandingan antara harapan yang dimiliki oleh konsumen pada saat mengkonsumsi produk puding saya. Tampaknya bahwa kualitas selalu berfokus pada pelanggan. Dengan demikian produk didesign, diproduksi serta pelayanan diberikan untuk memenuhi keinginan pelanggan. Karena kualitas mengacu kepada segala sesuatu yang menentukan kepuasan pelanggan , suatu produk yang dihasilkan baru dapat dikatakan berkualitas apabila sesuai dengan keinginan pelanggan, dapat dimanfaatkan dengan baik, serta diproduksi (dihasilkan) dengan cara yang baik dan benar.
Konsumen akan merasa puas bila hasil evaluasi mereka menunjukkan bahwa produk puding yang dibuat berkualitas. Persepsi konsumen terhadap kualitas poduk puding dipengaruhi oleh dua hal yaitu kenyataan kualitas poduk yang sesungguhnya dan komunikasi. Memberikan pelayanan juga dapat memuaskan setiap pembelian puding yang sesuai dengan tingkat kepuasaan rata-rata serata dengan bahan yang sesuai dengan standart serta Memenuhi dan melebihi kebutuhan, harapan pelanggan melalui peningkatan yang berkelanjutan atas seluruh proses.
Keamanan pangan, masalah dan dampak penyimpangan mutu, serta kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pengembangan sistem mutu industri puding dan konsumen, yang saat ini sudah harus memulai mengantisipasinya dengan implementasi sistem mutu pangan. Karena di era pasar bebas ini industri puding Indonesia mau tidak mau sudah harus mampu bersaing dengan derasnya arus masuk produk industri puding yang telah mapan dalam sistem mutunya. Salah satu sasaran pengembangan di bidang puding adalah terjaminnya pangan yang dicirikan oleh terbebasnya masyarakat dari jenis pangan yang berbahaya bagi kesehatan.
2.
Desain
Barang & Jasa
Aneka kreasi puding memang sudah cukup familiar di
kalangan masyarakat Indonesia, berbagai
macam varian rasa dari mulai puding coklat, puding buah, puding susu, sampai
inovasi baru puding cake, selalu laris manis diserbu konsumen sebagai hidangan
penutup di setiap kesempatan. Peluang inilah yang bisa dimanfaatkan menjadi
alternatif tepat untuk memulai sebuah usaha kecil dari dapur rumah. Usaha
makanan kudapan ini cukup menjanjikan karena banyaknya penggemar makanan kecil
sederhana dan lezat. Makanan kudapan seperti ini tidak mengandung banyak
karbohidrat dan juga cocok dinikmati pada saat santai.
Kekuatan desain kemasan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap keputusan
pembelian karena desain kemasan yang unik memiliki daya tarik tersendiri bagi
para konsumen, sehingga hal tersebut dapat mendorong konsumen untuk melakukan
pembelian.
Saya membuat puding dengan bentuk
yang lucu dan menarik untuk anak-anak, misalnya bentuk aneka binatang, pesawat,
mobil-mobilan, boneka, dan lain-lain. kemasannya menggunakan cup plastik ukuran kecil berisi satu
buah puding, vla dalam plastik kecil, dan dilengkapi dengan sendok plastik,
sehingga siap disantap kapan saja dan di mana saja.
Selain itu meningkatkan kualitas produk serta
menambahkan keistimewaan produk baru dengan packaging yang menarik serta
menambahkan model-model baru dengan topping yang menarik (yaitu, produk dengan berbagai ukuran, rasa,
dan sebagainya) serta menawarkan produk unggulan yaitu susu
dan santan pada para konsumennya. Dilengkapi dengan 35 varian rasa yang
beragam, mulai dari strawberry, cocopandan, kelapa muda, mutiara, cendol
nangka, kacang hijau, leci, durian, rambutan, kelengkeng, kacang merah, cokelat
strawberry, dengan campuran santan. Sedangkan tiga varian rasa puding dengan
campuran susu meliputi cokelat vla, caramel vla, serta moca vla.
3.
Desain
Proses & Kapasitas
Bahan-bahan yang
digunakan dalam membuat pudding menggunakan bahan-bahan alami. Selain itu penggunaan
gula pada pudding terdiri dari dua pilihan gula tebu, gula biasa atau gula rendah kalori, begitu juga dengan
penggunaan sirup dapat dipilih yang rendah kalori atau bukan. Produk dapat
dipesan untuk dimakan di tempat ataupun di bawa pulang. Pemesanan produk untuk
dibawa pulang dan makan di tempat dilakukan di tempat yang berbeda
sehingga mendapat prioritas yang sama dan diharapkan dapat memenuhi pesanan
pelanggan secepatnya. Alat pengolahan atau memasak bisa sangat
menentukan cita rasa hasil masakan juga. Jadi
kita juga perlu jeli menelaah material yang
digunakan selama proses pengolahan makanan. Material yang berbeda berpotensi
pada cita rasa masakan yang berbeda pula. Jenis bahan makanan bisa sama persis
tetapi terdapat begitu banyak faktor yang menentukan kualitas bahan makanan,
yang akhirnya akan berpengaruh pada cita rasa akhir.
Proses produksi puding terbilang sangat mudah dan murah,
karenanya siapa saja bisa menjalankan peluang usaha tersebut dengan modal minim
dan memanfaatkan peralatan yang ada di dapur rumahnya. Bahan baku pembuatan
puding juga cukup mudah ditemukan dipasaran, sehingga persediaannya bisa
dipenuhi setiap saat dibutuhkan. Hal ini sesuai dengan prinsip ekonomi yaitu
menggunakan modal yang rendah untuk mencapai laba maksimal. Puding yang sehat
dibuat menggunakan bahan-bahan alami, seperti gula pasir murni, tanpa bahan
pengawet, dan penambah rasa. Semakin alami bahan-bahan yang dipakai, semakin
mempertinggi khasiat puding bagi tubuh kita. Puding adalah jenis penganan yang
banyak digemari oleh siapapun. Rasanya yang lembut ketika dimakan, warnanya
yang eye catching pun sangat menggugah mata kita. Bahan utama dalam pembuatan
puding adalah agar-agar. Untuk kesehatan, banyak sekali manfaat yang bisa kita
dapatkan dari agar-agar. Puding juga disarankan sebagai pengganti snack yang
mengadung karborhidrat.
Untuk pembuatan puding dengan melakukan langkah & Proses sebagai berikut :
Bahan untuk puding: Serbuk agar-agar, gula, air, susu cair atau santan, buah segar (sesuai
selera), Vanili, dan tepung maizena.
Peralatan untuk puding : Panci untuk merebus, cetakan puding (pilih sesuai selera).
Cara membuat puding : Rebus semua bahan hingga
mendidih, lalu basahi cetakan puding mini menggunakan sedikit air ( Fungsinya
agar puding mudah dilepas dari cetakan ). Setelah mendidih, aduk hingga uap
panasnya hilang lalu tuang ke cetakan. Biarkan mengeras dan simpan dulu dalam
lemari pendingin, setiap lapisan biarkan mengeras terlebih dahulu, sebelum
ditambahkan lapisan kedua dan seterusnya. Apabila sudah mengeras, lepaskan
puding dari cetakan, dan puding mini pun siap untuk dipasarkan.
Untuk pembuatan
vla bisa dengan melakukan langkah & Proses sebagai berikut :
Bahan untuk Vla: 100
gram gula pasir, 650
ml susu segar ,1
sdm maizena, 1
sdt rhum, 2 kuning telur, kocok.
Cara Membuat Vla : Masak susu bersama gula pasir dan
maizena sambil diaduk hingga mendidih - Angkat, Masukkan kuning telur, aduk
cepat. Aduk rata, Siramkan vla diatas potongan puding.
4.
Desain
Tata Letak
Tempat
menjadi salah satu faktor utama keberhasilan usaha puding saya,
karena dengan tempat yang strategis dan mudah di jangkau membuat café puding ramai di kunjungi konsumen. Saya mengusahakan membuka usaha cafe puding dirumah sendiri dikarenakan memang banyak anak muda yang berada di kampung saya.
Selain itu harus
menjaga kebersihan cafe puding agar
konsumen betah saat berada di cafe puding milik saya. Untuk
desain, saya mendesain ruangan semenarik mungkin, dengan mengambil tema dengan nuasa seperti hallowen, sepakbola,
musik atau apapun yang kiranya menarik perhatian.
Dengan
menggunakan tata letak pabrik yang baik, proses pembuatan puding akan berjalan secara efektif dan
efisien. Hal tersebut menghemat waktu, biaya pemindahan material, dan menekan
biaya penyimpanan yang dikeluarkan.
Menambahkan berbagai fasilitas
tambahan seperti televisi, music, ada free wifi , biliard, nitendo, x-box,
caros, dart games, soccer table dan lain-lain. Setiap sabtu malam cafe menyajikan
life akustik performance, pengunjung bisa request lagu kesukaan dan
menikmatinya bersama teman. Juga menerima delivery atau sekedar coffe break
order minimum 30 pax diantar gratis sampai ditempat tujuan. Beberapa fasilitas
tersebut dapat di pastikan bahwa konsumen akan betah berada di Cafe puding, terlebih jika di tambahkan dengan
background yang bagus dan tempat duduk yang santai. Memberikan
pelayanan yang prima. Dalam artian harus memberikan pelayanan yang maksimal
karena konsumen adalah raja, contoh mudah yang dapat dilakukan ialah
memberikan 3S yakni Sopan, Senyum dan juga Sapa agar terjadi keakraban di
antara penjual dan konsumen.
Selain itu saya akan menggunakan layout yang nyaman
bagi keluarga yang datang dengan ruangan indoor dan outdoor, interior seperti
rumah huni yang memiliki taman bermain, gambar-gambar menarik di setiap dinding
nya, juga meja dan kursi yang imut bagi anak-anak dan balita, penerangan yang
baik, dan ventilasi serta sirkulasi udara yang langsung ke arah taman, sehingga
udara lebih segar, dan yang terpenting kesemuanya tetap nyaman dan aman bagi
keluarga dan terutama anak-anak. Dengan memperhatikan desain bangunan rumah sebagai berikut :
1.
Desain,
konstruksi dan tata ruang hrs sesuai dengan alur proses.
2.
Bangunan cukup luas dan
dpt dilakukan pembersihan secara intensif.
3.
Terpisah antara ruang
bersih dan ruang kotor.
4.
Lantai dan dinding dr
bhn kedap air, kuat dan mudah dibersihkan, serta sudut pertemuannya berbentuk
lengkung.
5.
SDM
dan Sistem Kerja
Strategi sumber daya manusia dapat
menjadi keunggulan bagi pembuatan pudding saya di dalam mempertahankan segmen pelanggannya dan
untuk merebut segmen pasar yang baru. Strategi ini dapat dilaksanakan apabila
dapat memanfaatkan batasan-batasan yang ada di dalam pengembangan, antara lain
dengan strategi produk, strategi proses, strategi perbedaan individu, strategi
layout, strategi lokasi, dan penjadwalan kerja. Semua strategi ini akan sangat
tergantung pada strategi rekrutmen dan pengembangan sumber daya manusia.
Tujuan
dari strategi sumber daya manusia ini antara lain untuk menopang keberhasilan suatu
organisasi atau perusahaan, baik yang bergerak di bidang produksi barang maupun
jasa, organisasi bisnis ataupun organisasi non bisnis.Suatu organisasi baik
bisnis maupun non bisnis tidak akan dapat beroperasi tanpa adanya faktor sumber
daya manusia. Oleh karena itu diperlukan suatu strategi yang
berkaitan dengan sumber daya manusia, sehingga dapat menentukan bakat dan
keahlian yang disesuaikan dengan kebutuhan operasionalyang tersedia dalam
organisasi. Dibutuhkan cara dalam pengelolaan dan perancangan tenaga kerja yang
tepat guna, sehingga orang-orang tersebut (tenagakerja) bias efektif dan
efisien. Agar Tenaga kerja / sumber daya manusia tersebut menjadi
efektif dan efisien, maka yang pertama tenaga kerja itu harus manfaatkan secara
efisien dalam lingkup operasional yang ada serta memiliki mutu kehidupan kerja
yang baik dalam suasana yang saling terkait dan saling percaya.
Untuk
memasarkan produk puding yang saya
buat, bisa dilakukan dengan cara menitipkannya ke toko-toko kue, supermarket,
kantin-kantin, maupun suplier makanan yang ada di sekitar rumah. Selanjutnya
agar produk tersebut bisa dijangkau oleh semua kalangan masyarakat, maka
tawarkan puding dalam berbagai ukuran kemasan. Misalnya saja menawarkannya
dalam kemasan cup kecil atau berupa irisan puding (seharga Rp 2.000,-) untuk
menjangkau konsumen menengah ke bawah. Sedangkan untuk menjangkau konsumen
kelas atas bisa saya
tawarkan dalam kemasan besar atau per loyang, dengan harga Rp 10.000,-.
Bisnis pudding ini dapat dilakukan untuk
usaha tambahan maupun usaha utama. Dengan memanfaatkan waktu luang dan beberapa
peralatan rumah tangga, bisnis ini dapat dilakukan oleh ibu rumah, mahasiswa
dan para pengusaha muda yang ingin memulai bisnis dengan modal minim dan memanfaatkan peralatan yang ada di dapur
rumahnya. Bahan baku pembuatan puding juga cukup mudah ditemukan dipasaran,
sehingga persediaannya bisa dipenuhi setiap saat dibutuhkan. Hal ini sesuai
dengan prinsip ekonomi yaitu menggunakan modal yang rendah untuk mencapai laba
maksimal. Usaha ini sangat menjanjikan disebabkan tidak banyak lagi masyarakat
dapat mengkonsumsi makanan sehat seperti serat yang banyak didapatkan dari
sayuran. Pudding merupakan solusi dari permasalahan serat yang dibutuhkan
tubuh.
Tanggung
jawab dan hak pemilik adalah melakukan perencanaan segala rancangan usaha PUDING begitu pula dalam
pengorganisasiannya, sehingga apabila usaha ini sudah berjalan pelaksanaan
kegiatan dan pengawasannya pun akan dilakukan bersama dengan system
penjadwalan. Pegawai di dapur memilki tanggung jawab untuk mengelola makanan
dengan baik dan diharapkan hasil produksinya akan sesuai dengan penawaran yang
telah dilakukan dan sesuai dengan selera konsumen. Pelayan bertanggung jawab
atas kenyamanan konsumen dan melakukan pelayanan sebaik mungkin.
Strategi yang akan saya lakukan:
a. Produk : mutu pasti lebih
baik karena saya akan sangat menjaga kualitas produk yang akan saya jual.
b.
Harga : harga
yang tim tawarkan tidak terlalu mahal sehingga harga mampu bersahabat dengan
konsumen yang secara umum adalah mahasiswa Universitas Wijaya Putra khususnya
mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Wijaya Putra.
c.
Tempat Penjualan : Dikondisikan
(disekitar kampus), rumah sendiri ( dijadikan tempat tongkrongan / cafe ) dan
tempat-tempat umum yang mencakup anak muda yang mencakup anak-anak, remaja, orang dewasa.
d.
Promosi : melalui
social network seperti facebook, bbm, twitter, instagram serta dari mulut ke
mulut
Berdasarkan kualifkasi tenaga tersebut, maka peran dan fungsi setiap kualifikasi tenaga sesuai tanggung jawabnya meliputi:
Berdasarkan kualifkasi tenaga tersebut, maka peran dan fungsi setiap kualifikasi tenaga sesuai tanggung jawabnya meliputi:
A.
Kepala
unit penyelenggaraan pembuatan puding
Penanggung jawab umum organisasi dalam penyelenggaran pembuatan dan fungsi kepala unit penyelenggaran pembuatan, meliputi:
Penanggung jawab umum organisasi dalam penyelenggaran pembuatan dan fungsi kepala unit penyelenggaran pembuatan, meliputi:
·
Menyusun
perencanaan penyelenggaraan makanan (
puding ).
·
Menyusun
rencana evaluasi penyelenggaraan makanan (
puding ).
·
Melakukan
pengawasan dan
pengendalian penyelenggaraan makanan (
puding ).
·
Melakukan
pengembangan-pengembangan dalam penyelenggaraan makanan ( puding ).
B.
Supervisor
Bertugas mengawasi dan mengendalikan proses penyelenggaran pembuatan puding mulai dari perencanaan sampai dengan pendistribusian.
Bertugas mengawasi dan mengendalikan proses penyelenggaran pembuatan puding mulai dari perencanaan sampai dengan pendistribusian.
C.
Pelaksana
Petugas gizi yang berperan sebagai juru masak, perbekalan, pranata komputer dan ketatausahaan.
Petugas gizi yang berperan sebagai juru masak, perbekalan, pranata komputer dan ketatausahaan.
Bisnis pudding ini dapat dilakukan untuk usaha
tambahan maupun usaha utama. Dengan memanfaatkan waktu luang dan beberapa
peralatan rumah tangga, bisnis ini dapat dilakukan oleh ibu rumah, mahasiswa
dan para pengusaha muda yang ingin memulai bisnis dengan modal minimal. Pada
dasarnya bisnis pudding ini dapat menggunakan minimal 1 atau 2 tenaga kerjadi
bagian produksi dan 1 tenaga pemasaran.
6.
Lokasi
Lokasi usaha yang direncanakan untuk pemasaran PUDING, akan di lakukan di wilayahnya
sekitar kampus / sekolah, rumah sendiri
( dijadikan tempat tongkrongan / cafe ) dan tempat-tempat umum yang mencakup
anak muda yang mencakup anak-anak, remaja, orang dewasa. Dikarenakan Segmentasi pasar dari produk
ini yaitu untuk kalangan umum karena bisa dinikmati dari semua kalangan, dari
yang muda sampai yang sudah dewasa bahkan manula juga bisa
menikmati produk ini.
Selain itu bisa
dengan cara menitipkannya
ke toko-toko kue, supermarket, kantin-kantin, maupun suplier makanan yang ada
di sekitar rumah, lokasi produksi atau warung dan toko untuk
dijual dan bisa juga dengan membuka kios dan kedai khusus pudding untu menjaring konsumen,
sehinga konsumen dapat datang ke kedai atau kios apabila ingin menikmati pudding.
7.
Managemen
Rantai Pasokan
Berhati–hati dalam mengelola
setiap anggaran dana yang akan dikeluarkan. Dan ketika harga bahan baku tidak stabil, kami menyiasatinya dengan membeli bahan
baku langsung kepada distributor setempat agar memperoleh harga yang lebih
murah. aktivitas pengadaan
bahan dan pelayanan, pengubahan menjadi barang setengah jadi dan produk akhir,
serta pengiriman ke pelanggan. Tujuannya adalah untuk membangun sebuah rantai
pemasok yang memusatkan perhatian untuk memaksimalkan nilai bagi pelanggan.
Kunci bagi manajemen rantai pasokan yang efektif adalah menjadikan para pemasok
sebagai “mitra” dalam strategi perusahaan untuk memenui pasar yang selalu
berubah.
Permintaan produk puding yang fluktuatif mengharuskan pengusaha untuk dapat
meramalkan berapa jumlah pasokan yang dibutuhkan untuk produksi. saya juga
mebutuhkan persediaan bahan baku untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan
permintaan. Namun persediaan bahan baku ini juga memiliki resiko jika terjadi penurunan permintaan. Selain itu, saya
juga perlu meramalkan berapa banyak produk yang akan diproduksi, agar tidak
terjadi produk return yang mengakibatkan keuntungan yang tidak optimal.
Untuk menjaga kestabilan produksi, diperlukan komunikasi yang baik antara
konsumen puding dan supplier puding. Karena begitu eratnya hubungan antara
pasokan dan kegiatan produksi maka diperlukan
manajemen rantai pasokan yang baik. Manajemen rantai pasokan atau yang
biasa disebut dengan supply chain management sangat penting dalam kegiatan
produksi puding. Manajemen rantai pasokan digunakan untuk mengatur dan
memperkirakan arus pasokan yang masuk ke dalam produksi puding. Dengan
manajemen rantai pasokan dapat dihitung berapa pesanan pasokan yang dibutuhkan
untuk proses produksi secara akurat sehingga biaya penyimpanan dapat ditekan.
Salah satu kunci Puding dapat bertahan hingga saat ini adalah distribusi
rantai pasokan dari mulai bahan baku hingga produk jadi berupa puding, siklus
hidup yang pendek mengharuskan
perusahaan segera menjual produk yang telah selesai diproduksi, perusahaan harus menjual puding dalam keadaan
sesegar mungkin ketangan konsumen sehingga tidak ada produk yang basi dan dapat
meminimalkan penarikan produk yang tidak laku.
Untuk strategi promosi produk, bisa melakukannya melalui media cetak seperti brosur, pamflet, atau poster dan membagikannya di sekitar lokasi usaha. Untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, juga bisa mempromosikannya melalui media online, misalnya dengan menggunakan facebook, twitter, ataupun website.
Untuk strategi promosi produk, bisa melakukannya melalui media cetak seperti brosur, pamflet, atau poster dan membagikannya di sekitar lokasi usaha. Untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, juga bisa mempromosikannya melalui media online, misalnya dengan menggunakan facebook, twitter, ataupun website.
8.
Persediaan, Perencanaan,
Kebutuhan Bahan
Menjaga persediaan
dengan menetapkan batas minimal persediaan dimana saya harus kembali memesan
bahan baku untuk kembali mengisi stok bahan baku sehingga mereka tidak
terkendala pada masalah persediaan, selain itu mereka memperhitungkan waktu
yang dibutuhkan dari pemasok ke perusahaan untuk mengantarkan persediaan agar mereka dapat memperkirakan
kapan bahan baku tersebut masuk. Saya tidak
menumpuk terlalu banyak bahan baku karena ini akan menambah biaya operasional,
selain itu resiko akan bahan baku yang terlalu lama digudang adalah kadaluarsa
yang itu tentunya akan menyebabkan kerugian yang besar.
Persediaan yang diatur bukan hanya persediaan yang ada dalam
rumah melainkan persediaan barang yang dijual di agen. Agen penjual yang
tersebar diarea pemasaran Puding, perusahaan memastikan bahwa tidak ada agen
yang memiliki persediaan puding mereka yang terlalu banyak dan tidak ada agen
yang memiliki persediaan puding terlalu
sedikit untuk dijual. Perusahaan memastikan bahwa persediaan yang tersebar di
agen sesuai dengan permintaan konsumen sehingga ini akan meminimalkan pengembalian produk tidak terjual oleh agen.
Untuk
rencana persediaan jumlah produksi, kami
akan memproduksi menu tiap item dengan jumlah dan bentuk yang berbeda, sesuai dengan produk
/ menu / bentuk mana yang paling
diminati konsumen. Dengan Bahan sebagai berikut :
PERALATAN
|
JUMLAH
|
Kompor gas
|
1 buah
|
Panci
|
1 buah
|
Baskom
|
1 buah
|
Aluminium Foil
|
24 buah
|
PUDING
|
|
Bahan
|
Jumlah
|
Roti tawar
|
10 lembar
|
Susu cair
|
700 ml
|
Telur ayam
|
2 butir
|
Vanili
|
1/2 sendok teh
|
Kismis
|
100 gr
|
Margarin
|
100 gr
|
Keju Parut
|
100 gr
|
Proses pembuatan
puding akan dilakukan dirumah sendiri untuk
memudahkan proses pembuatannya.
Karena kami mengusung tema makanan sehat dan fresh, maka saat ada pemesanan,
order atau pembelian barulah produk akan di buat ( dimasak ). Dan kerena kami
ingin menjaga kualitas dan kesegaran bahan-bahan makanan, kami akan menggunakan
metode just in time, kami tidak akan melakukan sistem persedian. Jadi kami akan
membeli bahan yang akan digunakan untuk jangka waktu satu hari pembuatan atau maksimal dua hari
pembuatan saja.
9.
Penjadwalan
Untuk pelayanan kami buka dihari Sabtu dan Minggu pada
pukul 10 : 00 s/d 14 : 00. Untuk purchase order atau pemesanan dibuka dihari
Senin sampai Kamis pada pukul 10 : 00 s/d 12 : 00.
10. Perawatan
Daya tahan
puding yang tidak lama, jadi harus pintar-pintar mengatur kapasitas produksi sesuai dengan
permintaan konsumen setiap harinya. Biasanya puding bisa bertahan hingga 1
minggu lamanya di lemari pendingin dan hanya bertahan selama dua hari di
ruangan terbuka. Oleh karena itu bisnis puding ini perlu menyiapkan peralatan
misal pendingin puding agar puding dapat bertahan untuk waktu yang lama.
Karena itu untuk mengurangi resiko kerugian yang disebabkan banyaknya
puding yang tersisa, sebisa mungkin sesuaikan kapasitas produksi saya dengan
naik turunnya permintaan pasar. Resiko lainnya yang sering dihadapi para pelaku
usaha yaitu persaingan pasar yang cukup ketat. Sekarang ini jumlah produsen
puding di berbagai daerah sudah cukup banyak, karena itu ciptakan inovasi baru
untuk memberikan nilai lebih kepada calon konsumen saya. Jaga kualitas rasa
yang ditawarkan, dan berikan variasi-variasi baru untuk memanjakan lidah para
konsumen.
0 comments:
Post a Comment